Game pertamaku

Read More: Games.

Aku bikin game lho. Mau coba? Download di sini ya: lalas-5e-game


link

Read More: .

[lala] http://malik.ismailfahmi.org/


link

Read More: Puisi, .


Mba lala ada kemajuan lho dalam hal mau cerita kegiatannya di sekolah. Bunda surprise sekaligus seneng juga. Dulu kan bunda suka tanyanay gini,”Gimana disekolah? Asik ga?” Dan mba lala sama aik cuma jawab,”Leuk (asik).” Gitu doang. “Tadi ngapain aja di sekolah, cerita dong.”
Jawaban mba lala sama aik juga standar.”Gewoon (biasa ajah). Ik heb vergeten Bun (aku dah lupa Bun)”

Hayyah ampe bosen dan prustasi deh bunda ngorek-ngorek supaya mereka mau cerita, tapi jawabannya tetep begitu-begitu aja. Sampe akhirnya bunda inget, dulu bunda kan pernah tanya ke psikolog siapa ya lupa deh, pokoknya waktu seminar di Indo. Nah ibu itu kasih trik gimana caranya supaya anak mau cerita. Dia punya gambar wajah-wajah orang lagi smile, sedih, marah, dll Lalu pulang sekolah abis anak-anak makan gitu, ditanya deh sama ibunya. Kamu tadi di sekolah sesuai sama gambar yang mana. Naah bunda inget itu. Trus bunda juga inget kalo bu Ely selalu cerita apapun sama anaknya, ga mungkin lah anak mau cerita kalo ga kita dulu yang cerita. Lalu bunda coba praktekin deh. Sambil makan bunda mulai cerita,”Tadi bunda habis mba lala dan aik pergi terus beres-beres rumah, abis itu bunda baca email, terus bunda nulis. Bunda juga baca-baca artikel. Tadi ada artikel yang bikin bunda sedih bla..bla..bla..”gitu deh kegiatan sehari-hari bunda ceritain.

Habis bunda giliran Aik, lalu mba lala, lalu ayah. Meski ayah jarang ikutan sih. Mulanya mba lala irit banget kalo cerita. Kalo aik sih geen problem. Dan ternyata yang paling tokcer setiap lagi makan di meja, bunda ubah pertanyaan jadi gini. “Siapa yang tadi di sekolah sedih?”
Mba lala dan Aik langsung jawab,”Ike niet.”
“Siapa yang tadi di sekolah heppy?” Dan mba lala sama aik langsung berebutan jawab,”Ike..Ike..Ike…”

Lumayan manjur deh pokoknya cara itu. Dan minggu lalu waktu ditanya itu, mba lala langsung cerita.”Mba lala sedih kenapa?” Mba lala jelasin pake bahasa belanda campur Indo. Bunda kadang ga ngerti duuh ngomong apa sih ni anak, jadi bunda minta mba lala ngomong pake bahasa Indo.
“Karena Hadiatun (temen kelas Lala anak baru) melakukan hal yang menyebalkan ke mba lala.”
“Oya? Mba lala diapain?”
“Dia bilang,”Je ben a baby (kamu tuh bayi)”
“Wah pasti mba lala sedih sekali dong ya digituin.”
“Maar nu niet meer (tapi sekarang engga lagi).”
“Terus mba lala nangis ga?”
“Iya.” (Wah bunda surprise mba lala mau bilang, sambil seneng juga alhamdulillah.”
“Tapi terus Hadiatun jadi baik lagi.”
“Siapa yang bantu cari oplosing.”
“Ada juf Christa.”
“Oh..syukur deh mba kalo gitu.”

Naa terus tadi siang juga mba lala cerita lagi. Waah bunda seneng banget deh. Bunda kan tanya gini pas di meja makan.”Siapa yang tadi di sekolah verdrietig (sedih)?”
“Ike..” jawab mba lala singkat.
“Oya mba kenapa Say?”
“Karena temen-temen mba lala menyebalkan. Ada 4 kali mba lala sedih dan juga nangis.” (Wow bunda dalam hati surprise lagi, mba lala udah mau bilang hebaat!)
“Siapa yagn vervelend (menyebalkan) mba, Asset?”
“Ya. Pertama Asset, lalu Denise, lalu juga ada anak laki-laki waktu Gym. Waktu istirahat makan juga mba lala kesel sama jufnya. Itu juf baru. Juf itu ngikutin mba lala terus. Mba lala ga suka.”
“Wah iya ya vervelend banget dong berarti jufnya. Kenapa dia ikutin mba lala terus?”
“Katanya mba lala ga boleh makan, padahal mba lala laper.”
“Lho ko jufnya gitu ya. Mba lala bilang kan kalo mba lala laper?”
“Iya mba lala udah bilang tapi jufnya ngikutin mba lala terus, mba lala ga suka.”

Pokoknya kira-kira gitu deh ceritanya, bunda ga bisa nangkep detil hiks sebab bahasa belanda mba lala udah hebat banget. Kalo bikin surat dan cerita aja udah pake bahasa yang susah-susah gitu, duuuh kumaha atuh bunda. Bunda emang suka minta mba lala ngomong pake bahasa Indo, tapi kalo akhirnya yang keluar bahasa belanda bunda ga paksa, takut malah ga keluar ceritanya. Moga-moga mba lala mau terus cerita deh. Goed gedaan lala!


Belakangan ini mba lala suka nunjukin lagi long term memorinya yang oke banget. Dan rupanya mba lala tuh type pembelajar lewat pendengaran. Waktu hari sabtu jalan sama ayah ke pasar, mba lala sempet ilang. Ditolongin sama mevrouw. Terus dipinjemin telponnya si mevrouw. Wah ternyata mba lala hapal no telpon ayah. Ayah sampe surprise soalnya ayah ga pernah kasih tau. “Ko mba lala bisa hapal sih?” tanya ayah.
“Soalnya mba lala suka dengerin ada suara di telp yang bilang no ayah kalo pas ga bisa nelpon.”

Oh rupanya dari situ toh. Terus mba lala bilang ke ayah gini,”Mba lala bisa cepet hapal doa kalo dengerin dari ayah. Kalo baca mba lala ga bisa.” Naa kan berarti mba lala tipe yang cepet belajar dari denger.

Terus soal long term memori, waktu kapan itu bunda bacain cerita ke mba lala tentang dua jenis tipe tidur REM dan NREM. Bunda tuh suka ketuker-tuker bedanya REM dan NREM. Tapi tau-tau semalem mba lala bilang gini,”Kalo tidur REM itu berarti mimpi-mimpi Bun.”

Ya ampuun mba lala inget! Padahal bunda dah sering baca dari sejak kuliah tapi ga nyantol-nyantol tuh ketuker mulu, bener-bener deh mba lala.

Mba lala juga bahkan inget kalo dulu pas sekolah di bumi limas waktu playgrup disana ada kura-kura. Wah bunda sih udah lupa.”Iya Bun mba lala inget ada kura-kura di bumi limas.” Mba lala juga inget kejadian waktu sakit di rumah sakit pas umurnya 1,5 tahun.”Mba lala inget bunda bacain buku buat mba lala sambil ada boneka-boneka.


Kejadian ini terjadi bulan lalu waktu bunda kontrol ke dokter obgyn. “Bunda mau ke dokter gynekolog sama ayah,” kata bunda ke mba lala sambil masak. Tau-tau mba lala matanya langsung berbinar.”Haa ada adek bayi di perutnya bunda?” Mba lala ngarep.
“Engga Say, bunda cuma mau kontrol tumor jinak di rahimnya bunda.”
“Aaah wat jammer (sayang sekali).” Lala langsung kecewa.
Aik juga denger terus Aik juga bilang,”Hmm wat jammer.”
hehe bunda geli deh. Mba lala sama Aik tuh bener-bener kepengen punya adek.

Malik malah suka pegang-pegang perut bunda sambil bilang,”Disini ada adeknya Bun?” tanyanya. Malemnya sebelum tidur mereka tanya lagi. “Bunda kenapa bunda ga punya adek lagi?”
“Kalo bunda mau punya anak lagi, bunda harus dioperasi dulu. Diambil dulu tumornya di perut bunda.”
“Gapapa bun.” Kata Aik.
“Iya Ik tapi nanti bunda harus satu minggu di rumah sakit. Aik mau?”
Hmm..Aik bingung, terus jawab.”Nee..”
“Maar wat jammer he..” Keukeuh Aik dan mba lala.

Hihi bunda sampe geli sendiri deh, duuuh mereka emang bener-bener pengen punya adek. Tapi bunda selalu bilang,”Nanti kalo bunda punya anak lagi, bunda ga bisa sekolah dong.” Akhirnya mereka ngerti sih, tapi tetep aja suka minta hehe


Selama bulan november ini, mba lala sakit sampe 3 kali. Gara-garanya emang musim gugur ini bayak banget yang sakit. Mba lala batuk, terus sembuh. Terus aik kena, ayah kena, terus bunda eh mba lala kena lagi, batuuk terus semaleman sampe kurang tidur, makanya mba lala sempet ga sekolah satu hari minggu lalu. Aik juga sempet ga sekolah minggu lalu sehari waktu hari senin mau diajak sepakbola aik ga mau. Ternyata sampe rumah aik kemulan kedinginan, terus malemnya muntah. Tapi untungnya cuma sehari terus aik sembuh, aik cuma pilek aja ga batuk.

Kalo mba lala batuk pilek, sampe sekarang malah masih pilek. Serumah muter-muter sakit deh pokoknya. Tapi mba lala hebatnya udah mulai ati-ati lho sama obat, kan bunda mulai ajarin untuk rasional. Waktu mba lala bilang sakit kepala, tapi ga banget, mba lala ga mau minum obat lho. “Ga echt bun,” katanya.


Gagap Bahasa

Read More: Evaluasi Perkembangan.

Mba Lala bahasa Belandanya udah tambah bagus, apalagi bacaan buku mba Lala udah yang tebel-tebel, jadinya sepertinya mba Lala lebih jago berbahas belanda daripada bahasa Indonesia. Malik juga mulai kaya gitu. Mereka suka ga ngerti bahasa Indonesia. Tapi kadang ada beberapa kata bahasa Indonesia yang mereka juga ga ngerti dalam bahasa belanda ngomongnya harus gimana. Jadinya lucu aja dengernya. Misalnya gini. “Ik heb gewudhu” kata Malik. Maksudnya aku udah wudhu, cuma berhubung ga ngerti wudhu bahasa belandanya apa, jadi deh pake ‘gewudhu’ hehe.

Atau mba Lala pernah bilang gini waktu lagi marah ke Aik.”Malik je moet ’sabar’ zijn. Artinya, Malik kamu harus sabar dong.

Yang parah waktu kemaren bunda lagi kesel. Bunda capek banget 3 hari ga berhenti pergi terus. Habis acara nyate di rumah, terus pergi ke Warffum, besoknya ke kebon binatang Emmen. Besoknya lagi nengok anaknya tante Nila yang baru lahir. Naa kan bunda ga mau bonceng mba Lala berat dong. Mba lala bunda minta naek sepeda sendiri. Tapi sepedanya, dudukannya kependekan belum ditinggiin sama ayah. Mba lala ngerengek,”Aku ga mau naik sepeda.” Bunda terus kesel.

“Bunda tuh capek. Mba lala sama Aik kan udah besar. Berat dong kalo bunda harus bonceng mba lala sama Aik.”
“Iya tapi mba lala ihik..ihik..” Lala mulai ngerekek.
“Mba lala udah besar mba. Bunda tuh capek. Tega ya sama bunda!”
Bunda lagi kesel banget gitu, tau-tau mba lala bilang gini.
“Tega itu apa Bun?”

Haa? Gubraks! Bunda yang lagi marah mendadak pengen ketawa dong. Ya ampuun bunda udah tegangan tinggi, eeh ga taunya anak bunda ga ngerti apa yang bunda omongin. Gubraks banget ga sih hehe. Mana bunda juga bingung gimana ngejelasin kata tega dalam bahasa belanda. Wah pokoknya riweuh deh lagi itu hehe.

Contoh laen banyak sih, cuma lupa neh., Ntar ditulis lagi deh kalo inget.


Mba Lala sekarang umurnya 8,5 tahun dan sholat mba lala pinter deh. Kesepakatannay di umur 8 tahun ini mba lala sholat 3 kali sehari, kalo mau 5 kali ya alhamdulillah. Mba lala bener-bener berusaha sholat 3 kali. Meski sholatnya kadang ga pake wudhu dan ga pake mukena, tapi bunda biarin aja, yang penting mau sholat dulu. “Kapan mba lala sholatnya mau wudhu dan pake mukena terus?”
“Nanti kalo 9 tahun Bun.” Oke deh.

Mba lala juga suka tau-tau udah sholat sendiri. Waktu di halal bihalal, mba lala juga sholat maghrib sama ayah. Terus kapan hari sebelum makan malem tiba-tiba mba lala bilang gini sama tante Ari,”Aku udah sholat maghrib Tante.”

Mba lala emang anak yang taat aturan banget. Kalo naik sepeda juga gitu, kalo ada kereta lewat mba lala selalu berhenti di sebelum garis putih dan ga mau jalan sebelum lampu merah nyala. Padahal orang-orang mah pada maju ke depan, dan cuek aja jalan biar lampu belum merah, yg penting plang udah dibuka. Tapi begitulah mba lala, bagus kan :-).

Tapi ya namanya juga anak-anak tetep aja kadang mba lala lupa sholat ga 3 kali sehari. Apalagi kalo pulang sekolah, masih tetep kudu diingetin sama bunda. Tapi over all, urusan sholat ga ada masalah sama mba lala, udah mau dengan kesadaran sendiri sholat.


Waktu halal bi halal deGromiest tanggal 9 oktober lalu, Lala pinter banget memerankan peran antogonis, kupu-kupu indah dalam operet ‘peace butterfly’. Mba lala ketagihan, kalo taun depan mba lala pengen jadi hoofdspeller (pemeran utama), katanya. Padahal taun depan belum tentu ada apa engga, soalnya kan kami udah ga di groningen lagi, insya Allah.

Terus waktu ngeliat versi youtube nya yang diputer terus berulang-ulang, mba lala tanya gini ke ayah.”Ayah, kenapa ayah bunda mau organizier acara operet?”
“Karena bunda suka anak-anak. Bunda baca buku, kata buku, anak-anak kalau bisa dikasih kesempatan untuk tampil di panggung, karena bagus buat anak-anak.”

“Iya, tapi kenapa orangtua laen engga?” tanya lala lagi.

Wah ayah bingung tuh jawabnya hehe. Lalu ayah jawab gini,
“Mungkin orangtua laen baca buku yang laen, jadi ga tau tentang apa yang dibaca bunda.”

Baru deh mba lala diem. Habis itu terus bunda bilang gini ke ayah,”Smoga ya yah, someday mba lala akan sangat bersyukur dan bangga punya orangtua seperti kita.” Halaaah bunda narsis mode on hehe